Ketentuan Juklak dan Juknis Rekrutmen CPNS 2013

Penerimaan dan Rekrutmen CPNS setiap tahunnya haruslah sesuai dengan Juklak (petunjuk pelaksanaan penerimaan CPNS) dan Juknis (petunjuk teknis penerimaan CPNS) yang ditentukan oleh pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Juklak dan Juknis Rekrutmen CPNS 2013
Juklak dan Juknis penerimaan CPNS tersebut mencakup mengenai pelaksanaan CPNS itu sendiri, bentuk soal CPNS yang harus keluar dalam ujian CPNS yang akan digelar dan prosedur penilaian hasil ujian CPNS.

Setiap ketentuan tersebut haruslah dipatuhi oleh team pembuat soal CPNS dalam hal ini adalah team pembuat soal CPNS. Sebelum tahun 2012, pembuatan soal CPNS biasanya dilakukan oleh Universitas yang ditunjuk oleh Kementerian atau Pemerintahan daerah masing-masing yang dimana perguruan tinggi yang dimaksud bertugas menyediakan materi soal CPNS dan melakukan pemeriksaan hasil seleksi CPNS tahap pertama.

Kebijakan pemerintah provinsi, pemerintah daerah untuk menggandeng satu Universitas dalam penyediaan soal CPNS adalah merupakan hak prerogatif pemda itu sendiri dan dalam hal ini biasanya dikontrol dan diawasi oleh DPRD masing-masing daerah. Beberapa Universitas terdepan yang biasa menyediakan dan membuat soal CPNS diantaranya adalah, UI, UGM, Unpad, dan ITB.

Soal Test CPNS yang dibuat berdasarkan petunjuk pusat adalah soal soal test CPNS kompetensi dasar, dan pada tahun 2012 kemarin soal tersebut dibagi menjadi 3 kategori test yaitu test intelegensia umum, test wawasan kebangsaan, dan test karakteristik pribadi. Mengenai test kompetensi bidang, itu akan disesuaikan dengan bidang tugas masing-masing instansi.

Untuk penerimaan CPNS tahun 2013, seperti yang telah diketahui bahwa kran moratorium CPNS telah dibuka kembali, sehingga saat ini masing masing daerah dipersilakan mengajukan formasi penerimaan CPNS berdasarkan analisa jabatan dan sesuai kebutuhan. Penerimaan tahun ini tidak hanya terbatas kepada tenaga kesehatan dan tenaga pendidik, akan tetapi tenaga teknis dan tenaga administrasi pun dipersilakan direkrut selama posisi tersebut diperlukan oleh daerah atau instansi yang bersangkutan.

Contoh petunjuk pengisian formulir pendaftaran CPNS 2013, silakan lihat di "Form CPNS 2013".

Untuk Bahan pembelajaran CPNS terbaik silakan pelajari materi soal CPNS yang berdasarkan Juklak CPNS di Paket LKIT 2013.

Related

Ujian CPNS 452654325412654858

Hot in week

Recent

Comments

Connect Us

item